ARDI NURSODIK

Selasa, 13 April 2010

RPP Tes Kesegaran Jasmani Indonesia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMK KARYA RINI YHI KOWANI
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan kesehatan
Kelas / Semester : X / I
Pertemuan Ke : I
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (1 kali pertemuan)
Standar Kompetensi :4. Mempraktikan latihan kebugaran jasmani dan cara mengukurnya sesuai dengan kebutuhan dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Kompetensi Dasar :2.1 Mempraktikan kekuatan latihan, kecepatan, daya tahan dan kekuatan, kelentukan untuk kebugaran jasmani, dalam bentuk sederhana serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri.
2.2 Mempraktikan tes kebugaran jasmani serta nilai tanggung jawab, disiplin, dan percaya diri.

- INDIKATOR Aspek Yang Di amati
Koognitif Afektif Psikomotor
1. Melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan untuk mengembangkan kebugaran jasmani.
2. Melakukan tes pengukuran kebugaran jasmani
3. Menerapkan ketelitian, kesabaran, keuletan, dan kecermatan dalam pengolahan data.

I. Materi Pembelajaran :
Tes Kesegaran Jasmani

II. Tujuan Pembelajaran
1) Siswa dapat melakukan berbagai bentuk latihan kekuatan untuk mengembangkan kebugaran jasmani.
2) Siswa dapat melakukan berbagai bentuk latihan keseimbangan untuk mengembangkan kebugaran jasmani.
3) Siswa dapat melakukan Tes Pengukuran Kebugaran Jasmani.
4) Siswa dapat menerapkan ketelitian, kesabaran, keuletan, dan kecermatan dalam pengolahan data.
III. Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Inklusive
3. Cakupan
4. Part & Whole (bagian dan keseluruhan)

IV. Langkah Langkah Pembelajaran
No. Pertemuan
Ke Materi Yang di Ajarkan Variasi Pembelajaran Gambar Metode Keterangan
1 1 Pembukaan
(15 menit) a. Mengkondisikan siswa dan kelas untuk melakukan KBM
b. Guru melakukan pembukaan, presensi, memberikan apersepsi, dan pre test (dengan mengajukan berbagai pertanyaan).
a.





b.




Demonstrasi 1. Pre tes bertujuan untuk mengukur pengutahuan siswa tentang materi.
2 Inti
(50 menit)
1. Menjelaskan petunjuk pelaksanaan tes lari 60 meter

2. Menjelaskan tentang pelaksanaan tes gantung angkat tubuh untuk putera




















Menjelaskan tentang pelaksanaan tes sikap gantung siku tekuk (untuk puteri













3. Menjelaskan tentang pelaksanaan tes baring duduk 60 detik




4. Menjelaskan tentang pelaksanaan tes loncat tegak











5. Menjelaskan tentang pelaksanaan tes lari 1200m (untuk putera) dan 1000 m (untuk puteri)
1. Tujuan
2. Alat dan Fasilitas
3. Petugas tes
4. Pelaksanaan
5. Pencatatan hasil
1. Sikap permulaan dan posisi tangan (menghadap kedalam)






2. Sikap posisi saat mengangkat tubuh (untuk putera)









1. Tujuan, alat, fasilitas, petugas tes, pelaksanaan,
2. Posisi awal
3. Posisi tangan
4. Sikap gantung siku tekuk
5. Pencatatan hasil









1. Tujuan
2. Alat dan Fasilitas
3. Petugas Tes
4. Pelaksanaan (Sikap permulaan, gerakan)


1. Tujuan
2. Alat dan Fasilitas
3. Petugas Tese
4. Pelaksanaan (sikap permulaan dan gerakan).








1. Tujuan
2. Alat dan Fasilitas
3. Petugas Tes
4. Pelaksanaan ( sikap permulaan, pencatatan hasil)







1. Inclusive (cakupan)
2. Demonstrasi
3. Part & whole (keseluruhan dan bagian)
4. Resiprokal (timbale balik)

1. Setiap siswa mempraktikan gerakan, guru mengawasi,, dan memberika koreksi terhadap gerakan siswa.









2. Setiap gerakan, dilakukan sampai siswa mengalami perubahan (2-3 kali gerakan)











































Pencatatan hasil (pengambilan waktu) dilakukan mulai saat bendera start diangkat, sampai pelari tepat melintas garis finis.







3 Penutup
(15 menit) a. Melakukan Evaluasi
b. Berdoa, salam 1. Demonstrasi
2. Inclusiv. 1. Evaluasi dengan cara memberikan soal (siswa menghitung).
V. Alat / Bahan / Sumber Bahan :
a. Stopwatch
b. Sumber : Muhajir, (2006).Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (untuk SMS kls X), Jakarta: Erlangga.
Departemen Pendidikan Nasional Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani (2003). Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk remaja ummur 16-19 tahun”. Jakarta : Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani.
c. Media Pembelajaran (gambar), LCD, Screen

VI. Penilaian
A. TEKHNIK PENILAIAN
a) Tes Unjuk Kerja
- Siswa melakukan / mengerjakan soal (menghitung tingkat kesegaran jasmani)
Keterangan :
Berikan penilaian terhadap kualitas unjuk kerja peserta, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4.
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = - - - - - - - - - - - - - - - - - - x 50
Jumlah skor Maksimal

b) Pengamatan Sikap (afektif)
Dalam proses pembelajaran, dari awal hingga akhir. Dan dari waktu tempuh lari masing masing siswa.
Keterangan :
Berikan tanda cek ( ) pada kolom yang sudah disediaka, setiap peserta ujian menunujukkan atau menampilkan perilaku yang diharapkan. Tiap perilaku yang di cek mandapat nilai satu.


c) Kuis / embedded test (kognisi):
Jawab secara lisan atau peragakan dengan baik pertanyaan pertanyaan mengenai Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI)
Keterangan :
Berikan penilaian terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 4.
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai = - - - - - - - - - - - - - - - - - x 20
Jumlah slor maksimal

d) Nilai akhir yang diperoleh siswa :
Nilai tes unjuk kerja = nilai observasi = nilai kuius
B. RUBRIK PENILAIAN
RUBRIK PENILAIAN
UNJUK KERJA
TES KESEGARAN JASMANI INDONESIA (TKJI)
Aspek yang di nilai KUALITAS GERAK
1 2 3 4
1. Melakukan teknik sikap baring duduk dengan baik.
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL

RUBRIK PENILAIAN
PERILAKU DALAM PEMBELAJARAN
TES KESEGARAN JASMANI INDONESIA (TKJI)
PERILAKU YANG DIHARAPKAN CEK
1. Menunjukkan sikap bersungguh sungguh saat melakukan rangkaian materi
2. Menghargai guru
3. Memperhatikan materi (pada saat guru berbicara)
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL







RUBRIK PENILAIAN PEMAHAMAN
BERBAGAI GERAKAN
TES KESEGARAN JASMANI INDONESIA (TKJI)
Pertanyaan Yang di Ajukan KUALITAS JAWABAN
1 2 3 4
1. Bagaimana proses Rangkaian gerakan tes loncat tegak dalam Tes Kesegaran Jasmani Indonesia?
JUMLAH
JUMLAH SKOR MAKSIMAL


MENGETAHUI
GURU MATA PELAJARAN PRAKTIKAN


Drs. TUTUT JARWANTO ARDI NURSODIK
NIM. 06601244159

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda